cara mempersiapkan media tanam tanaman padi

Padi merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia, tanpa padi maka hancurlah perekonomian suatu negara khususnya di Negara Agraris. padi sebagai kebutuhan dasar manusia sejak turun temurun di tanam dan dijadikan sebagai kebutuhan pokok manusia serta dijadikan sumber mata pencaharian manusia. dari nenek moyang kita sampai sekarang menanam padi tidak jauh berbeda, yang membedakan adalah teknologi yang dipakai. dulu dalam menggarap sawah, lahan yang akan digunakan menggunakan hewan sebagai penariknya, akan tetapi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, menggarap lahan yang akan dipersiapkan sebagai media tanam sangatlah mudah namun tetap dengan menggunakan bantuan manusia yakni dengan traktor. dalam pembahasan kali ini, saya akan menuliskan cara mempersiapkan media tanam yang baik untuk tanaman padi.
hal yang perlu kita cermati, kita perlu memahami kondisi tanah yang akan dipersiapkan, asam, basa atau netral. jika asam perlu kita tambahkan kapur sebagai penetral tanah, jika basa kita sebarkan garam agar netral kembali.
cara mempersiapkan media tanam, adalah:
1. kita semprot gulma yang berada di media tanam dengan obat herbisida, sehingga setelah diolah menjadi media tanam, maka tidak ada gulma yang tumbuh.
2. setelah penyemprotan dengan herbisida, tunggu beberapa hari untuk menetralkan tanah dan air dari obat herbisida. perhatikan kuantitas air di media tanam, agar pengolahan dengan traktor dapat dengan mudah dilakukan.
3. lakukan pengolahan dengan traktor sampai media tanam itu rata, tidak bergelombang hal ini akan memudahkan air merata di penjuru media tanam.
4. diamkan media tanam sampai dengan bibit tanaman padi siap untuk di tanam,
5. sebelum bibit tanaman padi di tanam, sebaiknya kita semprotkan terlebih dahulu media tanam dengan obat keong sehingga tanaman yang ditanam tidak habis dimakan oleh keong.
6. untuk memberikan hasil yang baik untuk tanaman padi, sebaiknya diberikan pupuk dasar sehingga tanah akan memberikan nutrisi yang baik bagi tanaman padi.
7. diamkan selama 3-7 hari lalu media tanam siap digunakan.
akhirnya saya harap tulisan ini bermanfaat bagi pembaca.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cara membasmi gulma gunda di petakan sawah

cara meningkatkan hasil panen padi

cara memperbanyak anakan tanaman padi