cara memperbanyak anakan tanaman padi

Banyak artikel yang menuliskan cara memperbanyak anakan tanaman padi, saya tertarik untuk membahasnya kali ini dalam tulisan yang saya buat walaupun baru bangun. sedikit saya informasikan kepada sobat Ulu-ulu mengenai cara memperbanyak anakan tanaman padi. tanaman padi bergantung pada kondisi tanah, jenis tanah, air dan juga musim, khususnya hama tanaman yang mengganggu bahkan mengakibatkan gagal panen. orang bilang petani itu sangat mudah pekerjaannya padahal bertani itu susah susah gampang, gampang jika kita bekerja keras untuk memelihara tanaman padi dari menanam sampai memanen. hal ini dikarenakan tanaman padi mudah terserang penyakit, misalnya kita melihat daun-daun tanaman padi kering berarti itu menandakan ada penyakit yang sedang menyerang misalkan hama yang berasal dari tanah seperti hama gasiran, bahkan hama sundep maupun wereng. itu semua perlu perhatian khusus. 
ok. saya tidak perlu panjang lebar, saya langsung membahas mengenai cara memperbanyak tanaman padi yakni dengan usaha memberikan nutrisi makanan yang baik terhadap tanaman padi, misalnya nitrogen yang cukup, dan zat yang dibutuhkan dalam pertumbuhan tanaman padi yakni zat giberelin dan juga asam amino yang diperlukan oleh tanaman padi misalnya dengan menyemprotkan obat yang mengandung zat giberelin. 
perhatian yang dilakukan jangan memberikan zat tersebut berlebian hal ini dikarenakan akan mengakibatkan tanaman padi tumbuh tinggi namun tidak memiliki banyak anakan produktif. 
selain itu, pemberian pupuk urea yang cukup dan tepat sasaran juga berpengaruh terhadap banyaknya anakan produktif tanaman padi, sebelumnya sudah saya bahas dalam artikel saya yang berjudul waktu yang tepat pemberian pupuk setelah masa tanam. disamping itu, air juga mempengaruhi banyak atau tidaknya anakan produktif tanaman padi, jika tanaman padi kekurangan air maka tanaman padi tidak memiliki banyak anakan. oleh karena itu, perhatiannya adalah menjaga volume air. 
demikian artikel ini saya tulis, saya harap bermanfaat bagi pembaca. terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cara membasmi gulma gunda di petakan sawah

cara meningkatkan hasil panen padi